Merindukan Surga-Nya Allah? Ini Amalan Umat Muslim Untuk Meraihnya ⋆ LaskarMaulid

26 Apr 2022

Merindukan Surga-Nya Allah? Ini Amalan Umat Muslim Untuk Meraihnya

Merindukan surga adalah hal yang dirasakan setiap muslim. Setiap orang yang beriman pada Allah SWT, Rasulullah SAW serta hari akhir pasti percaya akan adanya surga. Bukan berarti sudah tidak tahan menghadapi kesulitan hidup namun seorang muslim memahami dan meyakini bahwa kehidupan yang kekal dan haqiqi adalah kehidupan surga.

Sebanyak apapun yang kita miliki, sebanyak apapun harta kita tidak akan membuat kita menjadi penghuni surga. Namun amalan dan ibadah kitalah yang membuat surga merindukan kita. Gambaran orang yang rindu surga dapat dilihat dari generasi Islam pertama. Generasi sahabat Rasulullah SAW dan terbaik yang Allah ciptakan ke dunia.

Golongan Orang yang Merindukan Surga-Nya Allah SWT

Barangsiapa meminta surga kepada Allah sebanyak 3 kali maka surga berkata, Ya Allah masukkan ia ke dalam surga. Barangsiapa meminta jauh dari neraka, maka neraka berkata Ya Allah jauhkan dia dari neraka. (HR.Tirmidzi).

Ada Empat golongan orang-orang yang merindukan dan dirindukan surga. Diantaranya sebagai berikut.

Pembaca Al Qur’an (Taalil Qur’ani)

Salah satu golongan yang masuk kedalamnya adalah orang-orang yang lisannya senantiasa membaca kalam Allah SWT (Al Qur’an) setiap waktu atau setiap kesempatan. Orang yang rajin membaca Al Qur’an memiliki hati yang tenang. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Ar Rad ayat 28.

Mengingat Allah SWT dengan membaca Al Qur’an maka hati menjadi tenang. Al Qur’an menjadi obat hati orang-orang yang beriman dan membuat manusia bahagia hidup di dunia maupun di akhirat. Termasuk orang yang merindukan surga.

Orang yang dimaksudkan adalah orang yang gemar membaca Al Qur’an. Apalagi orang yang membaca saat bulan Ramadhan dan menghabiskan waktu untuk melantunkan ayat-ayat Allah saat waktu luangnya.

Golongan orang yang mengisi hidupnya dengan firman Allah SWT dan menjadikannya pedoman untuk menghindarkan segala sesuatu yang buruk bagi dirinya.

Orang yang Memberi Makan yang Kelaparan (Wa Muth’imul ji’aan)

Orang yang termasuk dalam merindukan surga adalah orang yang senantiasa membantu sesama dan membantu orang yang membutuhkan. Allah SWT selalu membalas kebaikan yang dilakukan setiap hambanya sekecil apapun. Bahkan Allah SWT akan memberikannya buah-buahan surga.

Dengan memberi makan orang yang membutuhkan maka kita turut andil menyelamatkan kelangsungan hidup orang muslim. Siapapun mukmin yang memberikan makan mukmin yang lain yang kelaparan maka pada hari kiamat nanti Allah SWT akan memberikannya buah-buahan dari surga.

Begitu juga siapa yang memberikan minum orang yang kehausan maka ia akan diberi minuman dari surga oleh Allah SWT. Siapapun yang memberikan pakaian mukmin lainnya sehingga tidak telanjang maka pada hari akhir Allah akan memberinya pakaian dari perhiasan Surga. ( HR. Tirmidzi).

Orang yang Menjaga Lisannya (Wa Haafidzii lisan)

Selanjutnya adalah orang-orang beriman yang selalu menjaga lisannya. Orang yang beriman pada Allah SWT juga hari akhir yang selalu berkata baik maupun diam.

Barangsiapa beriman pada Allah dari hari kiamat menghormati tetangganya dan beriman kepada Allah dari hari kiamat maka hendaklah ia memuliakan tamu. ( HR Bukhari dan Muslim).

Berpuasa di Bulan Ramadhan (Wa Shooimiina Fi Syahri Ramadhan)

Orang yang dirindukan surga adalah golongan orang yang senantiasa menjalankan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan. Maka bersyukurlah mereka yang senantiasa melaksanakan puasa Ramadhan. Allah SWT menyediakan pintu surga bagi orang yang beriman yang taat dan melaksanakan ibadah puasa serta merindukan surga.

reef

Tinggalkan Komentar

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: