Ramadhan dan Perubahan Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan ⋆ LaskarMaulid

29 Apr 2022

Ramadhan dan Perubahan Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

Ramadhan dan perubahan memang menjadi dua hal yang saling berkaitan. Berbicara tentang bulan yang penuh dengan kemuliaan ini, rasanya seperti tak akan ada ujungnya. Bulan yang kita temui sebentar saja atau 30 hari saja dalam setahun. Bulan puasa juga penuh dengan keistimewaan untuk umat manusia.

Hadirnya bulan ini sangat dinantikan, bahkan disambut dengan antusias. Ada yang berlomba untuk mempersiapkan diri, menyiapkan tempat ibadah, dan mempersiapkan segala hal yang menunjang untuk melakukan amal ibadah tersebut. Namun hal serius yang terjadi pada bulan puasa tersebut juga adanya perubahan.

Apakah Anda juga merasakannya? Semula setiap hari kita tidak puasa. Meskipun beberapa orang ada yang mengamalkan puasa sunnah. Setiap hari juga kita tidak sahur, berbuka, ataupun tadarusan. Tidak menjalankan tarawih berjamaah juga ngabuburit. Hal tersebut juga hanya bisa kita lakukan saat Ramadhan saja, bukan?

Apa yang Dimaksud dengan Ramadhan dan Perubahan?

Hal tersebut memang perubahan besar yang bisa kita rasakan. Bahkan hampir semua orang merasakan perubahan tersebut. tetapi, bukan itu maksud perubahan yang berkaitan dengan ramadhan. Nyatanya, masih sedikit yang memahami akan hak dua kata tersebut.

Ibarat mereka hanya mengetahui sampul dari perubahan itu sendiri. Tidak memahami apa isi yang terdapat dibalik sampul tersebut. bagaimana kualitas diri kita ketika bulan Ramadhan? Apakah sama dengan hari biasa?

Masih sibuk dengan kemewahan dunia yang taka ada habisnya? Jika memang iya, rugi memahami bahwa ramadhan adalah bulan kemuliaan, Allah akan melipatgandakan amal kebaikan yang kita lakukan.

Setan juga dibelenggu. Seharusnya kita lebih mudah untuk memperbanyak ibadah kepada Allah. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kualitas diri dihadapan Allah SWT. Ramadhan mempunyai Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Biasanya untuk memanfaatkan event tersebut, umat Muslim melakukan i’tikaf.

Bulan untuk Perbaikan

Sebab Allah, akan melipatgandakan amalan yang kita lakukan. Maka ramadhan dan perubahan merupakan perpaduan yang pas dan tepat. Mengapa demikian?

Karena, bulan penuh kemuliaan tersebut menjadi momen yang pas untuk kita melakukan perubahan, muhasabah juga intropeksi diri. Apakah selama menjabat sebagai hamba itu kita sudah beribadah dengan baik? Sudah sesuai dengan syariat dan tuntunan ajaran islam? Atau malah hanya asal-asalan?

Bukan hanya untuk melakukan perubahan diri. Tetapi juga sangat bagus untuk memperbaiki diri serta kehidupan guna mencapai tingkat keimanan dan ketaqwaan. Selain itu juga untuk menggapai derajat kepribadian seorang mukmin sejati yang diidamkan.

Maka, berbahagialah jika Anda bisa bertemu dengan bulan tersebut. Manfaatkan perpaduan Ramadhan dan perubahan tersebut dengan sebaik dan semaksimal mungkin. Jangan pernah sedikitpun Anda mencoba lalai dalam melakukan perubahan pada bulan ini.

Kita juga sudah seharusnya sadar, sebagai hamba kita itu banyak melakukan banyak dosa. jadikan ramadhan sebagai waktu terbaik untuk memohon ampunan kepada Allah atau bertaubat. Taubat yang sebenar-benarnya. Perbaiki apa yang sudah selama ini salah. Dari tutur kata, sopan santun, cara berpakaian, beribadah, dan hal lainnya.

Bukan Hal yang Mudah

Kita juga tahu bahwa Ramadhan dan perubahan itu tidak bisa dengan mudahnya kita lakukan. Dalam melakukan hal ini terkadang kita juga membutuhkan dukungan. Hal penting yang harus Anda ingat, saat akan melakukan perubahan di bulan puasa itu niat. Sadarkan diri bahwa mati itu tidak menunggu nanti.

Bagi Anda yang merasa kesulitan untuk melakukan perubahan saat bulan puasa. Jangan khawatir. Anda akan mendapatkan dukungan supaya lebih khusyu dalam menjalankannya. Dukungan yang sudah menggunakan smartphone atau teknologi digital.

Kita tahu bahwa smartphone merupakan alat yang tak boleh ketinggalan. Sebab itulah, Anda harus memanfaatkan benda tersebut guna membantu mewujudkan Ramadhan dan perubahan. Cukup kunjungi web laskarmaulid.com.

reef

Tinggalkan Komentar

WhatsApp chat
%d blogger menyukai ini: